Keindahan Danau Toba Di Utara Pulau Sumatera

Keindahan Danau Toba Di Utara Pulau Sumatera mungkin sudah tidak asing lagi bagi para travelers di Indonesia.

Siapa yang tidak kenal Danau Toba, danau terbesar di Indonesia dengan banyak keindahan alam yang disuguhkan. Danau Toba terletak di Sumatera Utara, diperkirakan 150km dari pusat kota Medan.

 

Objek Wisata di Kawasan Danau Toba memang cukup banyak, seperti air terjun Sipiso-piso, Tomok, Tuktuk, Parapat, maupun tempat wisata yang berada di pinggiran Danau Toba lainnya. Danau Toba di kelilingi oleh 8 Kabupaten, bisa anda bayangkan betapa luasnya Danau Toba, setipa kabupaten tersebut mengandalkan Danau Toba sebagai tempat wisata andalan daerahnya.

Ditengah-tengah Danau Toba kita dapat melihat terdapat pulau yang cukup besar yakni Pulau Samosir. Sisi lain Keindahan Danau Toba Di Utara Pulau Sumatera dapat dilihat melalui pulau ini. Pulau ini memiliki luas kira-kira 630 km persegi yang dapat dicapai lewat dua pelabuhan yakni Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Balige. Sebagai pelabuhan yang lebih besar, Ajibata menyediakan alat transportasi berupa kapal feri yang dapat mengangkut mobil, truk dan kendaraan bermotor lainnya. Sementara untuk angkutan penumpang, terdapat juga kapal berukuran cukup besar yang dapat mengantarkan kita keliling Danau Toba utk menikmati keindahan Danau Toba.

Beberapa destinasi yang dapat kita lihat di Pulau Samosir antara lain:

  1. Tomok merupakan desa pelabuhan yang menjadi tempat transit kendaraan dari Pulau Sumatra. Tempat ini ramai dengan pasar tradisional dan warung-warung. Di Tomok terdapat objek wisata yaitu Makam Raja Sidabutar.
  2. Tuktuk dapat Bila Anda berjalan sekitar 45 menit dari Tomok, Anda akan tiba di Tuktuk, pusat wisatawan di Pulau Samosir. Ada angkutan umum apabila Anda tidak ingin berjalan di bawah terik matahari. Sebagai pusat pariwisata di Samosir, Tuktuk menyediakan berbagai fasilitas, antara lain akomodasi, restoran, toko-toko, penyewaan sepeda dan sepeda motor, toko suvenir, agen perjalanan, juga beberapa bar.
  3. Ambarita  merupakan sebuah desa yang bisa ditempuh dengan satu jam berjalan kaki dari Tuktuk dan ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan kapal. Desa ini menarik karena orang Batak Toba masa lampau masih menganut kanibalisme (atau disebut pemakan daging manusia). Kini yang tersisa hanyalah jejeran kursi batu tempat para tetua mengadakan pertemuan untuk memutuskan nasib musuh yang tertangkap.
  4. Pangururan dapat ditempuh selama sekitar 90 menit dengan sepeda motor dari Tuktuk atau Tomok. Objek wisata yang terkenal di Pangururan adalah Aek Rangat atau pemandian air panas yang bersumber dari Gunung Pusuk Buhit. Tempat ini sangat cocok untuk melepas lelah setelah seharian berkeliling Pulau Samosir dan menikmati keindahan Danau Toba.

Demikian informasi terkait Keindahan Danau Toba Di Utara Pulau Sumatera semoga dapat membantu Anda dalam merencanakan perjalanan wisata. Selamat Ngelancong.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *